Jumat, 27 Desember 2013

Sejarah Singkat FIS Unesa

FAKULTAS ILMU SOSIAL

SEJARAH SINGKAT

FIS berdiri pada 1964. Semula FIS terlahir dengan nama Fakultas Pendidikan Ilmu Sosial (FPIPS). Berdasarkan SK Menteri PTIP yang disahkan dengan SK Presiden RI tentang pendirian IKIP Surabaya, nama tersebut berubah menjadi Fakultas Keguruan Ilmu Pengetahuan Sosial (FKIS), namun akhirnya berubah lagi seperti semula, yaitu Fakultas Pendidikan Ilmu Sosial (FPIPS). Setelah IKIP Surabaya berubah menjadi UNESA nama tersebut berubah menjadi Fakultas Ilmu Sosial (FIS).
FIS terletak di Kampus Ketintang Surabaya. Kegiatan perkuliahan dan administrasi FIS dilaksanakan di gedung I1 sampai dengan I8. Di tengah panasnya kota Surabaya, kampus FIS ditumbuhi dengan pepohonan yang rimbun, sehingga kegiatan perkuliahan dapat dilaksanakan dengan nyaman, meskipun di luar kelas.
FIS mempunyai empat jurusan, yaitu Jurusan Pendidikan Moral Pancasila dan Kewarganegaraan (PMP-KN), Jurusan Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Sejarah, dan Pendidikan Ekonomi. Sejak tahun 2006 Jurusan Pendidikan Ekonomi memisahkan diri menjadi Fakultas Ekonomi.
Ada dua program yang selenggarakan di FIS yaitu kependidikan dan non-kependidikan. Program kependidikan yang diselenggarakan di FIS adalah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Pendidikan Geografi, dan Pendidikan Sejarah. Program ini dimaksudkan untuk menghasilkan calon-calon guru di tingkat SMP dan SMA. Empat program non-kependidikan yang saat ini ada di FIS adalah D3 Administrasi Negara, S1 Sosiologi,  S1 Administrasi Negara dan S1 Ilmu Hukum.


0 komentar:

Posting Komentar