Senin, 11 Juli 2011

SIAKAD KRS Online Universitas Negeri Surabaya (UNESA)



Sistem yang baru telah ditetapkan oleh UNESA, dahulu ketika saya harus mengisi mata kuliah apa saja yang wajib diambil, saya harus mengisi blanko yang sekilah tata cara pengisian mirip dengan tata cara mengisi lembar ujian SMA, yaitu dengan mengisi penuh setiap lingkaran, yang nantinya akan di scan oleh pihak Puskom di BAK.
Tetapi untuk sekarang ini, sebetulnya sudah beberapa tahun kemarin UNESA telah menggunakan sistem terkomputasi terhadap KRS yang dulu manual kini mulai menggunakan media komputer dan Internet, sehingga proses KRS kini menjadi lebih mudah, di UNESA terdapat 2 portal utama agar mahasiswa bisa mengakses KRS Online, yaitu melalui Akses lokal (didalam lingkungan kampus UNESA) http://192.168.0.250 sementara untuk akses internet (diluar lingkungan kampus UNESA) http://124.81.225.251 
UNTUK AKSES YANG BARU ANDA BISA MENCOBA  = http://siakad.unesa.ac.id/

Tidak ada perbedaan yang pasti diantara 2 portal tersebut, tetapi yang menjadi perhatian bagi para mahasiswa adalah portal internet (diluar lingkungan UNESA) tidak bisa digunakan untuk KRS Online. Jadi apabila anda menggunakan portal diluar lingkungan kampus UNESA untuk kepentingan KRS Online, saya sarankan untuk mengecek kembali di portal area kampus UNESA, sebab pernah terdapat kasus, bahwa KRS yang telah diprogram (dipilih mahasiswa) diluar kampus UNESA, tidak bisa muncul pada printout KHS.

BERIKUT INI PETUNJUK PENGGUNAAN KRS ONLINE 
  • Buka browser anda, dalam panduan berikut ini, saya menggunakan Mozilla Firefox versi 5.0, karena menurut saya lebih cepat dan stabil.


  • Setelah browser terbuka, pada URL Address, ketikkan salah satu diantara 2 portal tersebut, hal ini dilakukan tergantung dimana anda mengakses KRS Online UNESA tersebut, apabila anda didalam lingkungan kampus UNESA portal yang anda akses adalah http://192.168.0.250, dan apabila anda berada diluar lingkungan kampus UNESA portal yang anda akses adalah http://124.81.225.251 





  • Selanjutnya pada kedua portal tersebut bila diakses, akan muncul website  berikut ;


  • Kemudian klik "Login SIMAKAD", apabila anda mengakses portal ke 2 (diluar lingkungan kampus UNESA), maka anda akan melihat tulisan berwarna merah seperti dibawah ini ;

Perhatian : Apabila anda tetap melakukan KRS Online pada portal ke 2, saya sarankan anda mengecek ulang pada portal 1 di lingkungan kampus UNESA.

  • Masukkan Username dan Password, secara umum Username diisi dengan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dan Password yang telah anda tetapkan sebelumnya, tetapi apabila anda mahasiswa baru (MABA), untuk pertama kali KRS Online (semester 1) biasanya Password cukup dokosongi (tidak diisi) dan langsung enter, tetapi alangkah baiknya anda menetapkan Password anda secara pribadi, ini dimaksudkan agar tidak terjadi sabotase yang dilakukan oleh pihak - pihak lain.

  • Jika login berhasil, maka Sistem Akademik (SIAKAD) anda akan muncul seperti dibawah ini ;
 




  • Sedangkan pada portal 2 (diluar lingkungan kampus UNESA) terdapat tulisan berwarna merah "Mirror Server (Read Access Only)" seperti berikut ini ;


  • Kemudian arahkan pointer mouse anda pada menu "Perkuliahan" dan klik "KRS" ;

  • Dan akan muncul tampilan seperti dibawah ini ;


  • Kemudian pilih program mata kuliah sesuai jenjang yang anda ambil, pada kolom dibawah daftar berwarna biru, yang terdapat kotak bertuliskan "Ambil" apabila ingin mengganti atau menghapus tekan Drop, jika telah selesai sesuai dengan batas SKS yang diambil jangan lupa untuk Logout.

Semoga bermanfaat

77 komentar:

  1. selamat siang pak/bu
    saya mempunyai pertanyaan "kalo misalnya udah buka krs untuk d luar kampus... tetapi karena ada tulisan The connection has timed out dan lama dan gg bisa buka laman krs mahasiswa lagi apakah ada pengaruhnya..... krena laman d tutup sebelum log out" mohon penjelasannya pak/bu...
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begini Mas/Mbak..
      ketika membuka KRS Online Unesa itu kapan?
      Pada jam kerja atau malam?
      Setahu saya, apabila membuka yang bukan untuk kepentingan online pada alamat Mirror Read Acces Only (124.84.225.251) pada malam hari memang pihak puskom tidak mengaktifkan & cenderung server dimatikan.. (Kemungkinan besar Connection Timeout)...
      Untuk soal laman tidak di logout sebelumnya, mungkin Mas/Mbak bisa klarifikasi ke puskom pusat, dengan mencoba online di pusat (BAAKPSI), apakah bisa atau tidak..
      Apabila masih tidak bisa (Error), Mas/Mbak bisa konfirmasi ke pihak Puskom di lantai 2 Gedung BAAKPSI UNESA Ketintang Surabaya..
      Terimakasih sebelumnya...
      :)

      Hapus
  2. Begini Mas/Mbak..
    ketika membuka KRS Online Unesa itu kapan?
    Pada jam kerja atau malam?
    Setahu saya, apabila membuka yang bukan untuk kepentingan online pada alamat Mirror Read Acces Only (124.84.225.251) pada malam hari memang pihak puskom tidak mengaktifkan & cenderung server dimatikan.. (Kemungkinan besar Connection Timeout)...
    Untuk soal laman tidak di logout sebelumnya, mungkin Mas/Mbak bisa klarifikasi ke puskom pusat, dengan mencoba online di pusat (BAAKPSI), apakah bisa atau tidak..
    Apabila masih tidak bisa (Error), Mas/Mbak bisa konfirmasi ke pihak Puskom di lantai 2 Gedung BAAKPSI UNESA Ketintang Surabaya..
    Terimakasih sebelumnya...
    :)

    BalasHapus
  3. salam sejahtera,saya mau tanya bagaimana kalo lembar kertas kuning yang untuk krs telat ngumpulinnya tetapi sudah online dan berhasil apakah lembar kertas kuning masih boleh dikumpulin terus apa pengaruhnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lembar KRS (Kuning) alangkah baiknya difoto copy dahulu sebagai arsip baru dikumpulkan.

      Hapus
  4. selamat sore, pak/bu saya mau tanya apa ada sanksinya bila lembar kuning krs telat dikumpulin tapi sudah online dan berhasil ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada sanksi, tapi lembar KRS (Kuning) nanti sebagai arsip, apabila terdapat masalah pemrograman yang tidak muncul/atau nilai yang tidak keluar pada waktu akhir semester, lebih baik dikumpulkan, telat tidak apa2.. Tapi jangan lupa difotocopy dahulu...

      Hapus
    2. mas ini saya lupa dengan paswor buat masuk untuk membayar uang kesanggupan sumbangan itu gmna caranya mas

      Hapus
  5. pak/bu
    saya mempunyai pertanyaan apakah kita hanya bisa mengakses krs oline (yang di luar kampus) pada jam-jam tertentu saja? jika iya lalu jam mulai jam berapa sampai jam berapa saya bisa mengaksesnya? karena setiap saya mengakses krs online pada waktu masa kuliah biasa hampir selalu tidak bisa diakses. apakah itu disebabkan oleh waktu mengakses atau adakah masalah lain?

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan mengakses diluar kampus, lebih baik mengakses ketika berada dikampus, diatas sudah dijelaskan, tidak bisa diakses mungkin karena traffic user yang mengakses melebihi kuota, sehingga gagal diakses, atau transfernya yang lebih lambat.. :)

      Hapus
  6. Semoga segera ada jaringan untuk sistem KRS ONLINE yang dapat di akses diluar kampus, jadi bisa mengisi KRS tanpa harus bebondong2 datang kekampus.
    Itu pun kalau server penuh tidak bisa connect, harus nunggu bejam-jam lamanya......
    Mohon untuk pehatiannya, Teimakasih ^-^

    BalasHapus
  7. Selamat pagi Bpk/Ibu

    Saya buka portal 2 karena mau print transkrip nilai ketika saya masukkan user name dan pasword sllu mncl user name dan password slh sedngkan saya tidak pernh merasa menggantinya dilain hari saya coba lagi mlh tdk bisa diakses sama sekali, saya dtg ke BAAK buat tnya saya hrs berbuat apa jwbnnya tetap disuruh mengakses portal 2 diluar.
    Pertanyaan saya bagaimana saya bisa mendapatkan traskrip nilai???

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang di portal ke 2 sedikit terdapat kendala dalam pengaksesan user, dikarenakan banyak sekali di server pusat puskom yang tiap detik/menit ada user lain yang berusaha masuk tanpa jalur regular (Hack), untuk masalah itu, lebih baik anda konfirmasi langsung di puskom, nanti akan diarahkan bagaimana cara mereset ulang password anda.

      Hapus
  8. saya mau tanya kalau password lupa bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung konfirmasi ke pihak puskom di BAAKPSI, lantai 2...

      Hapus
  9. maaf, saya mau tanya.
    saya sedang ngakses siakad unesa dari luar menggunakan alamt portal kedua, tapa kenapa ya saya kug g bisa masukkan nim n password saya? kata servernya itu nim n password bwt krs on line, padal saya cuma mau ambil khs dari luar portal kampus. gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang di portal ke 2 sedikit terdapat kendala dalam pengaksesan user, dikarenakan banyak sekali di server pusat puskom yang tiap detik/menit ada user lain yang berusaha masuk tanpa jalur regular (Hack), untuk masalah itu, lebih baik anda mengakses ketika berada di are kampus UNESA.

      Hapus
  10. selamat sore pak/bu
    bagaimana jika saya lupa password yang saya gunakan untuk login ke sistem akademik saya?
    terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung konfirmasi ke pihak puskom di BAAKPSI, lantai 2...

      Hapus
  11. Maaf Pak/Bu.. bagaimana kalau saya lupa password? T.T Apakah ada cara atau panduan untuk memperoleh password seperti siam.ub.ac.id? Terima kasih sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sistem UNESA dengan UB berbeda, untuk permasalahan diatas, langsung konfirmasi ke pihak puskom di BAAKPSI, lantai 2...

      Hapus
  12. saya ingin login tapi lupa dengan password saya, bisa di berikan solusi nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung konfirmasi ke pihak puskom di BAAKPSI, lantai 2...

      Hapus
  13. kalau lupa pasword gimana yah? mohon keterangannya ^^ trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung konfirmasi ke pihak puskom di BAAKPSI, lantai 2...

      Hapus
  14. selamat pagi pak/bu.
    banyak yang tidak bisa login pada siakad mirror read only.
    mohon penjelasan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang di portal ke 2 sedikit terdapat kendala dalam pengaksesan user, dikarenakan banyak sekali di server pusat puskom yang tiap detik/menit ada user lain yang berusaha masuk tanpa jalur regular (Hack), untuk masalah itu, lebih baik anda mengakses ketika berada di are kampus UNESA.

      Hapus
  15. Apakakang alamat proxy yang berada diluar kampus tida bisa digunakan? Mengapa? Terima kasih atas jawabannnya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sistem UNESA masih terkendala dalam memperluas jaringan di luar area kampus, memang bisa tapi memang di portal ke 2 sedikit terdapat kendala dalam pengaksesan user, dikarenakan banyak sekali di server pusat puskom yang tiap detik/menit ada user lain yang berusaha masuk tanpa jalur regular (Hack), untuk masalah itu, lebih baik anda mengakses ketika berada di area kampus UNESA.

      Hapus
  16. Assalamualaikum

    Apakah alamat proxy yang berada diluar kampus tida bisa digunakan? Mengapa? Terima kasih atas jawabannnya....

    BalasHapus
  17. mesti klo mendekati KRS ONLINE mesti SIMAKAD g bisa dibuka di luar kampuus!!!!!!!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harap makhlum, traffic user yang menggunakan melebihi kuota, sehingga untuk mengakses sedikit terkendala.. :)

      Hapus
  18. mantaaaab.... semoga SIAKAD segera bisa di interkan....hehehe

    BalasHapus
  19. selamat pagi pak/bu
    saya mahasiswa unesa ingin membuka KHS memakai server mirror tetapi untuk semester ini belum di update, mohon penjelasannya pak/bu...
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk soal Update, alangkah baiknya anda konfirmasi pada bagian admin di prodi/jurusan masing2, karena untuk update mata kuliah dipegang pada bagian admin jurusan masing2, atau melalui DPA yang nantinya akan dikonfirmasikan kepada admin jurusan masing2..
      Bisa saja langsung konfirmasi ke Puskom lantai 2 gedung BAAKPSI.. jangan lupa membawa kode setiap mata kuliah yang diperlukan... :)

      Hapus
  20. Selamat siang bu/pak..
    Saya mau tanya, Mengapa hingga saat ini membuka krs di luar kampus unesa pada saat jam kerja belum bisa di buka?..
    Sedangkan pada tahun lalu menbuka krs di luar lebih mudah baik dibuka pada saat jam kerja maupun malam hari...
    Mohon tanggapannya..
    Thx...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harap makhlum, traffic user yang menggunakan melebihi kuota, sehingga untuk mengakses sedikit terkendala.. :)

      Hapus
  21. Mbak/Mas admin,
    Kapan ne Bisa bener SIMAKADnya,
    mau print transkip nilai aja g bisa,

    Mnt tlong print di kampus juga g bisa??

    trus mau ngeprint dmn??
    masa kudu bawa printer sendiri ke kampus ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf baru bisa membalas...
      untuk sekarang SIAKAD sudah bisa diakses diluar lingkungan kampus...
      untuk perihal cetak ulang, bisa mengunjungi kantor BAAK...
      Nanti ada petugas yang menanyakan perihal kepentingan Bpk/Ibu... :)

      Hapus
  22. alexa trafficknya bagus blog ini.... daftar ke IBN aja Pak/Bu..

    BalasHapus
  23. maaf bapak dan ibu....
    saya maw tanya...bagaimana nasib mahasiswa yang telat bayar SPP dan tealat ngurus surat CUTI....apa mereka masih bisa mengikuti smester depan???tolong di jawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf baru bisa membalas...
      untuk kepentingan tersebut, bisa langsung ditanyakan pada bagian BAAK atau bagian keuangan...
      di kantor pusat Unesa Ketintang... :)

      Hapus
  24. maaf saya mau tanya. bagaimana kalau seandainya lupa dengan paswordnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung konfirmasi ke pihak puskom di BAAKPSI, lantai 2...

      Hapus
  25. assalamu'alaikum
    Bpk/ibu Saya mahasiswa baru 2012, saya ingin bertanya. kenapa pada saat saya buka siakad unesa diluar kampus, saya ingin login tapi malah tertulis bahwa username dan pasword saya salah, padahal saya tidak pernah merasa mengganti pasword saya. Mohon penjelasannya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung konfirmasi ke pihak puskom di BAAKPSI, lantai 2...

      Hapus
  26. Selamat siang bu/bapak
    saya ada masalah pada pasword KRS saya, saya lupa paswordnya
    tapi saya sudah meminta pihak informasi jrusan untuk mereset ulang pasword saya, dan dari pihak informasi sudah mengatakan bahwa pasword saya sudah di kosongi jadi saya harus membuat pasword baru....
    setelah saya baca2 di atas, kalau sbgai MABA tnpa memasukkan paswordpun bisa, tapi knytaannya masih belum bisa dibuka
    Mohon ptunjuknya... terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung konfirmasi ke pihak puskom di BAAKPSI, lantai 2...

      Hapus
  27. Maaf seandainya saya lupa password itu kan harus ke BAAK puskom. BAAK puskom buka setiap hari ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung konfirmasi ke pihak puskom di BAAKPSI, lantai 2...
      Sabtu dan Minggu libur... :)

      Hapus
  28. SELAMAT SORE BU/PAK AMTMIN
    SAYA MAU TANYA KENAPA MEMBUKA SIAKAD SUSAH SEKALI PADHAL SAYA SUDAH MELAKUKAN SESUAI PETUJUK. TAPI KETIKA DIBUKA MALAH BUKAN HALAMAN YANG SAYA INGINKAN.
    MOHON TANGGAPANYA
    SUWUN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung saja menuju alamat berikut :

      http://siakad.unesa.ac.id/

      semoga bisa membantu... :)

      Hapus
  29. Kalo bulan sekarang baru mengakses KRS online untuk skripsi gimana kan sudah telat, sudah membayar spp untuk semester ini bagaimana langkah yang harus saya lakukan agar tetap bisa melanjutkan skripsi semester ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ;
      Dan saya perhatikan dari komentar anda, sepertinya anda belum memprogram skripsi, atau mungkin sudah dan akan melanjutkan MK skripsi ke semester berikutnya.
      1. anda bisa menemui DPA anda terlebih dahulu, karena semua yg mahasiswa program juga tergantung dari DPA setuju atau tidak.
      2. apabila DPA sudah setuju, anda bisa menuju admin jurusan untuk memberikan informasi perihal program lanjutan skripsi, nanti oleh admin jurusan akan diminta persyaratan sesuai dengan aturan yg ada di prodi atau jurusan anda.
      3. apabila terjadi masalah dalam program ulang mk skripsi, anda bisa langsung konfirmasi ke pihak puskom di BAAKPSI, lantai 2...
      Sabtu dan Minggu libur... :)

      Mungkin beberapa hal diatas bisa anda lakukan dari sekarang, karena Juni/Juli sudah masuk semester berikutnya, semoga berhasil...

      Hapus
  30. maaf saya mau tanya, kalo lupa password untuk krs bagaimana?
    tadi saya baru dari puskom di BAAKPSI, dan ada ibu" dari kantor BAAK bilang kalau saya harus ke admin di jurusan saya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk peraturan terbaru memang apa yang Bpk/Ibu informasikan diatas benar, untuk memprogram MK dan merubah password dari admin jurusan semua, tetapi menurut pengalaman saya, ketika saya dahulu lupa password saya menuju puskom, dan disana saya diminta mengisi form khusus.
      Mungkin silahkan dicoba dahulu, menuju admin jurusan.
      Good Luck... :)

      Hapus
  31. Apakah SIAKAD bisa diakses utk para alumni unesa?? krn beberapa alumni juga ingin melihat data akademiknya. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, asal anda tahu no NIM dan password yg digunakan.

      Hapus
  32. selamat pagi..
    maaf mau tanya,,
    kalu lupa pasword nya bagaimana ya,,,
    terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Merubah password dari admin jurusan semua, tetapi menurut pengalaman saya, ketika saya dahulu lupa password saya menuju puskom, dan disana saya diminta mengisi form khusus.
      Mungkin silahkan dicoba dahulu, menuju admin jurusan.
      Good Luck... :)

      Hapus
    2. puskom itu dimana mas.soalnya saya tadi login tidak bisa mas,dan kalau admin jurusan semisal yang jurusan seni itu di lidash wetan apa tetap di ketintang

      Hapus
  33. selamat pagi...
    maaf mau tanya.
    apa masoh bisa melihat dan masuk pada siakad untuk mahasiswa angkatan 2004?
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sbb Mbak/Mas, sepertinya tidak bisa mas, karena Siakad sendiri mulai online untuk angkatan 2007, mungkin bisa dicoba ditanyakan dibagian akademik kemahasiswaan di BAAK-PSI

      Hapus
  34. Maaf pak ,bu,mas
    mau tanya.saya kan sudah daftar SPMB sayalupa gak mencatan paswword sama no.ujiannya . gimana pak.bu.mas ?
    TERIMAHKASIH

    BalasHapus
  35. maaf pak bu mau tanya
    saya kan sudah daftar SPMB unesa , saya lupa gak mencatat paswword nya gimana pak bu
    terimah kasih

    BalasHapus
  36. Mohon maaf mbak baru bisa balas, apabila lupa perihal password bisa konfirmasi langsung ke kantor pusat UNESA (Rektorat/BAAK-PSI)

    BalasHapus
  37. Kalau ada permasalahan jumlah maksimal sks yang bisa di ambil itu mengurus kemana ya bu/pak? Teman saya ada yang ipknya sama dengan saya, tapi jumlah maksimal sks yang bisa di ambil berbeda dengan saya. Bagaimana ya bu/pak? Mohon bantuannya bu/pak? Terima kasih bu/pak.

    BalasHapus
  38. assalamualaikum mau tanya pak/bu ini saya buka siakad unesa untuk melihat nilai kok tidak bisa ya pasti ada tulisan "An error occurred during a connection to siakad.unesa.ac.id. Peer's Certificate has been revoked(Error code:sec_error_revoked_certificate)The page you are trying to view cannot be shown because the authenticity of the received data could not be verified.Please contact the website owners to inform them of this problem."
    ini kenapa ya pak/bu ?

    BalasHapus
  39. Assalamualaikum pak/bu selamat sore sebelumnya saya mahasiswa unesa ingin membayar spp dri bank btn d daerah saya kenapa tidak bisa kta pihak bank jaringan trouble dan saya jg sudah tnyakan ke teman2 saya kasusnya jg sama sistem jaringan pembayarannya trouble lalu bagaimana saya mau bayar spp pdhal pembayaran besok terakhir td jg sama ada yg mau bayar jg gak bisa

    BalasHapus
  40. assalamualaikum pak/bu saya mahasiswa unesa mau memenuhi PPP persyaratannya harus menyertakan KHS tetapi selama KRS itu KHS saya belum pernah saya cetak atau disimpan. terus bagaimana ya pak/bu bila saya ingin mencetaK KHS saya kan harus log in ke siakad dulu tetapi gak bisa untuk masuk ke siakad? Dan solusinya bagaimana???

    BalasHapus
  41. assalamualaikum pak/bu saya mahasiswa unesa mau memenuhi PPP persyaratannya harus menyertakan KHS tetapi selama KRS itu KHS saya belum pernah saya cetak atau disimpan. terus bagaimana ya pak/bu bila saya ingin mencetaK KHS saya kan harus log in ke siakad dulu tetapi gak bisa untuk masuk ke siakad? Dan solusinya bagaimana???

    BalasHapus
  42. assalamualaikum, saya ingin bertanya. Saya membutuhkan KRS semester lalu, tetapi di siakadu tidak ada. lalu apa yang harus saya lakukan?

    BalasHapus