Pengertian Administrasi
à Pengaturan yang rapi, sistematis dan penataan fakta secara tertulis.
à Alat untuk menjamin kelancaran & keberesan dalam melakukan perhubungan, persetujuan dan perjanjian secara tertulis.
à Pengaturan tulis menulis, surat menyurat dan mencatat segala perubahan / kejadian dalam organisasi.
à Proses kerjasama dua orang atau lebih rasionalitas tujuan yang telah ditentukan
Administrasi dalam arti luas
• Suatu proses
• Kerangka kerjasama
• Dilakukan sekelompok orang
• Untuk mencapai tujuan.
Administrasi dalam arti sempit TATA USAHA :
Penyediaan, penyimpanan dan penyampaian informasi diperlukan pimpinan mengelola kegiatan kerjasama.
Administrasi sebagai ADM. NEGARA Legislatif,eksekutif,judikatif
( Dwight Waldo )
Suatu seni dan ilmu tentang manajemen yang dipergunakan untuk mengatur urusan negara.
ILMU à bidang studi lapangan penelitian ilmiah.
SENI à fungsi praktis adm publik/negara.
8 unsur administrasi Negara ( The Liang Gie )
- ORGANISASI - KOMUNIKASI
- PERSONALIA/KEPEGAWAIAN - KEUANGAN/PENDANAAN
- PERBEKALAN/PERALATAN - HUBUNGAN MASYARAKAT
- MANAJEMEN - TATA USAHA
ORGANISASI :
• Kolektivitas yang mempunyai lingkungan tertentu dan aturan normatif, jenjang otorita, sistem komunikasi dan sistem koordinasi keanggotaan yang secara relatif bersifat kontinyu dan melakukan aktivitas yang dihubungkan dengan tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.(M. HALL).
• (Spesialisasi, tujuan, dan koordinasi)
MANAJEMEN
• Usaha untuk mendapatkan hal-hal yang dikerjakan melalui usaha orang lain. (KOONTZ & O’DONNEL).
• FUNGSI :
POAC ( Planning, Organizing, Actuating,
Controlling ) à G.R. TERRY
POCCC ( Planning, Organizing, Commanding
Coordinating, Controlling) à H. FAYOL
POSDCORB ( Planning, Organizing, Staffing,
Directing, Coordinating,
Reporting, Budgeting). à L.M. GULLICK
POMC ( Planning, Organizing, Motivating,
Controlling). à PAUL HERSEY
· FUNGSI :
ü PERENCANAAN (PLANNING)
penyusunan garis besar yang memuat sesuatu yang harus dikerjakan dan metoda untuk melaksanakannya dalam rangka mencapai tujuan organisasi
Macam perencanaan : perencanaan jangka panjang, menengah dan pendek
Kualifikasi rencana yang baik:
- Tujuan jelas
- Meliputi seluruh tindakan yang diperlukan
- Fleksibel untuk penyesuaian
- Berisi rencana yang luas wilayah kerjanya
- Memungkinkan pengecekan
- Sudah disebarluaskan
- Keseimbangan antara sumber dan kegiatan
- Pekerjaan tulis menulis berkurang (Henry Fayol)
ü PENGORGANISASIAN (ORGANIZING)
Aktivitas yang berhubungan dengan penyusunan struktur yang dirancang untuk membantu pencapaian tujuan yang telah ditentukan
ü PENYEDIAAN STAF (STAFFING)
Pengarahan dan latihan sekelompok orang yang mengerjakan suatu tugas dan memelihara kondisi kerja yang menyenangkan
• Upaya yang biasa dilakukan : latihan jabatan, penugasan khusus, simulasi, permainan peranan, pengembangan diri dsb
ü PENGARAHAN (DIRECTING)
Pembuatan keputusan dan penyatuan dalam aturan yang bersifat khusus dan umum
Fungsi pengarahan melibatkan pembimbingan dan supervisi terhadap usaha bawahan dalam rangka pencapaian sasaran organisasi
ü PENGKOORDINASIAN (COORDINATING)
Kegiatan yang mempertalikan berbagai bagian pekerjaan dalam suatu organisasi
• Keberhasilan koordinasi dapat dipengaruhi oleh keberhasilan/ efektivitas fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan
ü PELAPORAN (REPORTING)
Fungsi yang berkaitan dengan pemberian informasi kepada manajer sehingga dia dapat mengikuti perkembangan dan kemajuan kerja
Penting dalam system informasi manajemen yang digunakan untuk pembuatan keputusan oleh manajer
ü PENGANGGARAN (BUDGETING)
Fungsi yang berkenaan dengan pengendalian organisasi melalui perencanaan fiskal dan akutansi
• Tiga tujuan anggaran : pengawasan, manajemen, dan perencanaan
• Empat fungsi anggaran : kontrol, manajemen, perencanaan dan evaluasi
ADMINISTRASI NEGARA / PUBLIC
Dwight Waldo :
v Organisasi dan manajemen dari manusia dan benda guna mencapai tujuan pemerintah.
Peranan administrasi Negara
Gerald E Caiden :
ü STABILISATOR MASYARAKAT
ü PERUBAHAN SOSIAL
ü KUNCI MENUJU MASYARAKAT MODERN
7 KEKHUSUSAN ADMINISTRASI PUBLIK/NEGARA (Gerald E Caiden)
o Kehadirannya tidak bisa dihindari
o Mengharapkan kepatuhan
o Mempunyai prioritas
o Mempunyai ukuran yang tidak terbatas karena cakupan wilayah yang luas
o Manajemen puncaknya adalah politik
o Penampilan sulit diukur
o Lebih banyak harapan diletakkan padanya
5 IDENTIFIKASI ADMINISTRASI PUBLIK/NEGARA (Gerald E Caiden)
o ADMINISTRASI PEMERINTAHAN
o ORGANISASI PUBLIK
o ORIENTASI SIKAP ADMINISTRASI
o PROSES YANG BERSIFAT KHUSUS
o ASPEK PUBLIK
ADMINSTRASI NEGARA dan ORGANISASI SWASTA / PRIVAT
(Glenn O Stahl)
o Pelayanan Negara lebih Urgen / Mendesak
o Pelayanan Neg bersifat Monopoli /Semi Monopoli
o Hubungan Hukum Publik
o Perbuatan diamati Masyarakat
o Tidak terikat pada Harga Pasar
o Melayani Semua orang secara Sama
o Tidak Memihak dalam Pertentangan Masyarakat
o Bersifat Anonim (yang penting Instansi)
o Karya Perseorangan tidak nampak
ILMU YANG DEKAT DENGAN ADMINISTRASI NEGARA
· Ilmu Sejarah
digunakan untuk melihat fakta masa kini dan memberikan perspektif masa depan.
Tiga kegunaan analisis sejarah ( Dwight Waldo ):
- Observasi filosofis yang dapat mengungkap keajegan administrasi
- Teknik analisis pemecahan masalah lewat keberlangsungan proses administrasi bersama-sama dengan aspek kehidupan masyarakat lainnya
- Teknik administrasi dalam melihat keberhasilan suatu administrasi.
· Antropologi Budaya
Antropologi Budaya (yang lekat dengan aspek geografis) menjadi pelengkap ilmu sejarah (yang bertolak dari sifat kronologis)
· Ilmu Ekonomi
ü Dimensi ekonomi banyak digunakan dalam administrasi yang berkaitan dengan studi kebijakan publik
ü Banyak istilah ekonomi dipakai dalam AN
ü Ekonomi membuat keputusan untuk memajukan efisiensi, sedang manajemen pemerintah untuk menyelenggarakan pemerintahan secara efisien
· Psikologi
ü Sangat dekat dengan AN jika sebagai proses pembuatan keputusan
ü Studi yang berkembang antara lain tentang kepuasan kerja, produktivitas, motivasi dan partisipasi dalam organisasi, perilaku rasional, kohesi kelompok, kepemimpinan, pemilihan alternatif dsb
· Sosiologi
ü Sosiologi mempelajari norma/kaidah sosial, lembaga sosial, kelompok sosial dan lapisan sosial yang telah memberikan warna pada administrasi negara
ü Konsep sosiologis yang dipakai misalnya kajian tentang birokrasi dan kooptasi
· Ilmu Administrasi
ü Munculnya Gerakan Manajemen Ilmiah yg mengejar pencapaian efisiensi dengan teknik tertentu “analisis waktu dan gerak”
ü Kajian/studi tentang manajer, manajemen dan administrasi, perkembangan personil, organisasi dsb merupakan pengaruh dari administrasi
ü Penerapan PPBS (Planning Programming Budgeting System) dalam administrasi negara yaitu programme-oriented administration merupakan bentuk nyata yang lain dari hubungan diantara keduanya
· Ilmu Politik
Orientasi politik dalam studi administrasi negara meletakkan AN sebagai satu elemen dalam proses politik pemerintahan
ORGANISASI DALAM ADMINISTRASI NEGARA
Model organisasi (Nicholas Henry)
ü MODEL TERTUTUP (CLOSED MODEL)
• Model teori organisasi yang paling berpengaruh dalam pemikiran administrasi negara
• Istilah yg dikenal : birokratik, hirarki, formasi, rasional, dan mekanistik
• Model teori yg berkembang : Teori Birokratik, Manajemen Ilmiah, dan Manajemen Administrasi/generik
ü MODEL TERBUKA (OPEN MODEL)
• Secara tradisional berpengaruh besar pada administrasi niaga/bisnis
• Istilah yg lekat : kolegial, kompetitif, pasar bebas, natural, informal, dan organik
• Model teori yang berkembang : Hubungan Manusia, Perkembangan Organisasi, dan Lingkungan Organisasi
ü MODEL SINTESIS (THE NEWER TRADITION)
ü menjelaskan organisasi sebagai kondisi yg dimotivasi oleh kebutuhan untuk merutinkan dan merasionalkan kerja internal organisasi dan hubungannya dengan lingkungan
ü Ada 3 asumsi :
a) Organisasi & lingkungan dpt melakukan perubahan;
b) Organisasi & anggotanya bertindak untuk mempertahankan hidupnya;
c) Organisasi & anggotanya dapat membuat dan belajar dari kesalahan
MODEL ORGANISASI
u Unit lini berkaitan dengan kegiatan implementasi organisasi
u Unit staf mempunyai aktivitas memberikan nasihat kepada pimpinan
KOORDINASI
· Konsekuensi adanya pembagian tugas atau spesialisasi
· Kegiatan untuk menyatukan semua aktivitas organisasi menuju tujuan yang sama
· Koordinasi dapat efektif jika : pembagian kerja jelas; pengembangan semangat kerjasama yang besar; tersedia fasilitas kontak & tata hubungan; ciptakan tahap-tahap kegiatan.
PENGENDALIAN / PENGAWASAN
· AKTIVITAS UNTUK MEMBUAT KEGIATAN UNIT-UNIT KERJA SESUAI RENCANA
· DILAKUKAN UNTUK MENCEGAH PENYIMPANGAN
· TIGA MACAM ORIENTASI PENGAWASAN :
MASUKAN (INPUT) : ditekankan pada masukan fisik / finansial
HASIL (OUTPUT) : ditekankan pada angka pencapaian hasil
PENAMPILAN (PERFORMANCE) : ditekankan pada kualitas pelaksanaan kegiatan
PARADIGMA ADMINISTRASI NEGARA
Pengertian (Robert T Golembiewski)
· Kajian keilmuan/akademis untuk melihat dan menganalisis perkembangan ilmu berdasarkan locus dan focus
· Locus tempat/lokasi dari bidang studi ( AN = birokrasi pemerintahan)
· Focus sasaran spesialisasi dari bidang studi
5 PARADIGMA ADMINISTRASI NEGARA
1. Dikotomi Politik – Administrasi ( 1900 – 1926 )
Frank J Goodnow dan Leonard D White :
Dua fungsi pokok pemerintahan
a. Politik ( legislative )
b. Administrasi ( eksekutif )
Empat dorongan munculnya administrasi:
a) Politik seharusnya tidak usah mengganggu lagi administrasi
b) Manajemen memberikan sumbangan analisisnya terhadap administrasi
c) Administrasi negara mampu menjadikan dirinya sebagai ilmu pengetahuan yang value free
d) Misi dari ilmu administrasi adalah ekonomis dan efisiensi
2 Prinsip-prinsip Administrasi, ( 1927 – 1937 )
WF Willoughby Principles of Public Administration
· Prinsip administrasi dapat diterapkan dan diikuti di bidang apapun tanpa terkecuali
· Luther Gulick dan Lyndal Urwick mementingkan focus daripada locus lewat POSDCORB
3 Administrasi Negara sebagai Ilmu Politik, ( 1950 – 1970 )
4 Administrasi Negara sebagai Ilmu Administrasi, (1956 – 1970 )
5 Administrasi Negara sebagai Ilmu Administrasi Negara,( 1970 )
ILMU ADMINISTRASI NEGARA
1. PARADIGMA ( PARADIGM )
2. PENDEKATAN (APPROACH)
3. TEORI ( THEORY)
4. MASHAB ( SCHOOL OF THOUGHT)
MASA TANTANGAN / KRISIS IDENTITAS ( 1937 – 1947 )
Karena ketidak percayaan, kritik, serangan
PENDEKATAN ADMINISTRASI NEGARA
Robert B Presthus Felix A Nigro
Institusional Awal
Struktural Pasca PD II
Behavioral Adm. Publik Baru
J.C Buecher Maurice Spiers
Tradisional Matematika
Behavioral Sumber Daya Manusia
Desisional Sumber Daya Umum
Ekologis
Thomas J. Davy C.L. Sharma
Manajerial Proses Administrasi
Psikologis Empiris
Politis Perilaku Manusia
Sosiologis Sistem Sosial
Matematik
Pembuatan Keputusan
RANGKUMAN PENDEKATAN C.L. SHARMA
• Pendekatan Proses administrasi (pendekatan operasional),
Administrasi adalah proses kerja yang dipergunakan untuk mencapai tujuan organisasi
• Pendekatan Empiris (pendekatan pengalaman)
Melakukan generalisasi atas kasus-kasus yang telah terjadi dengan sukses
• Pendekatan Perilaku manusia,
Untuk encapai tujuan organisasi tergantung pada penerapan prinsip-prinsip psikologis. Manusia sebagai elemen utama administrasi
• Pendekatan Sistem sosial,
Administrasi sebagai satu sistem sosial. Kesadaran akan berbagai keterbatasan organisasi dapat menumbuhkan semangat kerjasama di antara anggota-anggota organisasi
• Pendekatan Matematik,
Model-model matematik dapat diterapkan pada administrasi, dengan tujuan untuk melakukan peramalan
• Pendekatan Teori keputusan,
Pembuatan keputusan sebagai fungsi utama administrasi.
TEORI ADMINISTRASI NEGARA
William L Morrow Stephen P Robbins
Teori Deskriptif Teori Hubungan Manusia
Teori Preskriptif Teori Pengambilan Keputusan
Teori Normatif Teori Perilaku
Teori Asumtif Teori Sistem
Teori Instrumental Teori Kontingensi
Stephen K Bailey
Teori Deskriptif Eksplanatori
Teori Normatif
Teori Asumtif
Teori Instrumental
MASHAB TEORI ADMINISTRASI NEGARA
C. L. Sharma
• Proses Administrasi
• Empirik
• Perilaku Manusia
• Sistem Sosial
• Pembuatan Keputusan
• Matematika
Gerald E Caiden
Sama dengan yang diatas tapi di tambahi lagi yang ini;
• Analisis Birokratik
• Integrasi
0 komentar:
Posting Komentar